daripada daripada mendingan mendingan

pantai laut selatan Pameungpeuk, air terjun Gunung Gelap, kebun teh Cisompet, dan rute yang membuat Anda serasa jagoan MotoGP, mantap!

Posted on: April 13, 2009

11042009491

Dijamin belom banyak yang pernah dengar pantai Pamungpeuk ini, masuknya masih Kabupaten Garut, tapi dari dari Garutnya sendiri jauhnya lumanyun!! berangkat dari rumah (bandung) 6.18 pagi, sampe di pamengpek jam 13.30, naek motor bung! panas2 dah pantat ini

kita bahas rutenya dulu. bandung-nagrek-leles-garut-cikajang-ci ci lainnya yang banyak dan aneh2-pameungpeuk. Klo secara jarak sih ga jauh, cuman 150-160an kilometer, dengan komposisi kira-kira 40km jalan yang agak ramai, +-50km jalan yang bikin stress, dan sekitar 60km jalan yang bisa membuat Anda serasa jagoan MotoGP.

bikin stress karena: bagus sih bagus, aspal, cuma agak krikil2 terkupas ga jelas, dan ga ada pola/alur yang enaknya, dan itu naek turun gunung, sempit, klo jalan palingan 30kpj, belokannya tajem2. sangat bodoh klo ngebut disana. klo jatoh juga sulit yang mau nulungin, itu gunung bung! sepi krik krik..

nah klo yang terpuaskan hasrat, ya di jalan yang mulus, naek turun belak belok dengan lebar jalan yang cukup. sangat mungkin dan mudah sekali untuk mencapai topspeed (kecuali klo motor sampeyan cbr600) yaitu di daerah nagrek, cikajang, dan beberapa puluh kilo sebelum pameungpeuk. tapi.. namanya jalan antar kota, lawan2nya jg kaya alap2, kenceng2, yang paling brutal ya angkutan umum yang ‘elf’, gelok eta mah, selap selip ga jelas, jadi hati-hatilah..

nah ini foto lainnya..

pantainya ada 2 bagian, yang berpasir seperti gambar yang diatas, dan yang berkarang seperti gambar berikut. enak buat berendem, sepoy-sepoy ombaknya

12042009527

pantai berkarang, bening abis..

12042009535

pulau jawa (pastinya)

12042009548

poto2 dulu di sebelum balik

12042009553

disawah, mati gaya

12042009565

beneran, pegel punggung!

120420095623

udah dikit, yang nampang motornya pula, bukan pemandangannya,hahaha.

Saya memang mau diajak perginya bukan karena liburan ke pantainya, tapi karena naek motornya dan 1 tujuan lain. karena tidak meniatkan liburan pantai jadilah di pantai pake celana jeans dan ga berenang karena baju ganti terbatas, dan kegiatan pun akhirnya ga jelas seperti berikut.

11042009518

ga seperti di kuta yang bisa parasailing, bananaboat, flying fish, dan lain-lain, disini bener2 air dan pasir, karena emang blom terlalu diurus oleh pemdanya. tapi yang jelas, BEBAS BEREKSPRESI, mau teriak2, jungkir balik, lari-lari, renang, maupun melakukan tindakan bodoh lain, bebasss.. pantainya luas, orangnya dikit.

setelah tujuan utama terlaksana, balik, lewat aer terjun gunung Gelap, di daerah cihurip.

12042009556klo yang ini blom sempet maen kesana, dari bawah doang liatnya, khawatir kemaleman balik bandungnya. yang jelas air terjunnnya tinggi banget, liat aja perbandingan puncak gapura dengan air terjun (warna putih, diatas), trus kolamnya dalemnya ampe 10meter, dan total ada 27 air terjun kecil2 di sekitarnya.

nah baliknya, ternyata motor sudah ga kuat bung, pastinya gara2 jalan krikil yang bikin stress sejauh 50km. laher/bearing ban depan pecah didalem, tapi terus dipaksa jaln 40an km, sampai akhirnya goyangnya parah banget, dan harus masuk bengkel di Garut, nasip.

12042009567total +-13 jam di atas motor, namanya juga naek motor kluar kota, ga pandang ngebut atau slow, beberapa kali hampir ‘ini’ hampir ‘itu’  terjadi. alhamdulilah nyampe bandung masih utuh selamet sehat walafiat.

*cerita diatas ga penting, yang penting ini, klo kata guru ppkn, pesan moral nya (mangga diklik)

65 Tanggapan to "pantai laut selatan Pameungpeuk, air terjun Gunung Gelap, kebun teh Cisompet, dan rute yang membuat Anda serasa jagoan MotoGP, mantap!"

bagus, pokoke garut selatan mantep sering-seringlah berkunjung ke sana mampir atuh ka cisompet dekat kecamatan ku saya di sediakan ayam kampung bakar, ikan gurame goreng, cobek lauk, udang lobster, lauk tongkol, karedok leunca ….

tah air terjun yang dekat perkebunan teh namanya air terjun cilimbung (tempat para putri gareulis, incu incuna keturunan walanda jeung jepang )pokonya punya pacar ka urang cisompet moal aya duana di padesaan loba awewe nu jiga urang barat alisa bule campur sunda ) manga mapir ke dipasihan awewe geulis….barudak ABG garut abringkeun ka cisompet ku saya rek dijamu ti awewena, makananana, pamandanganana, pokonamah JANGAN MATI DULU SEBELUM KA CISOMPET……

hahaha, siplah bung Freddy, kapan2 klo ada kesempatan maen ke Cisompet, kemaren kami baru lewat doang :)

iya, gitu dong jangan cuma lewat doang ..pokonamah kalau dah nyampe ka cisompet ku sayah ditungguan deukeut kacamatan didinya daerah simkuring cisompet kaum tlp rumah 513142…diantosan dulur….

Saya sdh dua kali ke pameungpeuk dan gak pernah bosen.
Pemandangan sepanjang perjalanannya sangat menakjubkan apalagi air terjun yg di gunung gelap itu, terasa mistis sekali.
Kapan2x kita dari MBC chapter Bandung akan touring kesana

sim kuring bngah kacida janten urang garut…arameng atuh ka ci sangkal ku sim kuring di pasihan pemandangan indah sareng parawan nu solehah…. sekalian bade ngenalken organisasi [hissab]

kang?maaf abi dr jakarta mo rencana ke pameungpek tp g tau rute nya coznya sy mampr dl ke garut .kl di sn ad tmpt penginapan nya g ya? .trs orang ny rmh 2 g . ? Brapa jam ya kl dr garut . Thnks ya ari (jakarta)

@resta: gampang kok rutenya, dari garut nanya aja, pamengpeuk arah mana, dari sana lurusssssss terus (maksutnya ikuti jalan), sedikit sekali kok persimpangan jalannya,

banyak penginapan, murah lagi (klo sekedar buat istirahat mah, kemaren saya berdua sewa 1 kamar, 50rebu.

dari garut berapa jam ya, sekitar 3-4 jam lah, :)

sumpah!!!!!
keren banget tu pameumpeuk!!!
gw kmaren dari sana,,baru ptama kli,,,tpi edun,,,gw langsung suka!!!
jd pengen kcna ag,,,,

eng mau kcna,,,ajak2 ea!!!

sippplahhhhhhhhhh,……. saya juga orang cisompet, desa depok” tapi masih jomblo….. kumaha yeuhhhh!!!!! hehee.. ayeuna siyh kuli di jakarta…. jadi kangen ka kampung sorangan euyyyy

bener-bener keren you aku pernah cuma ke ranca buaya nya via bndung-pangalengan cisewu lgsung tembus ranca buaya nginep semalam trus pengen nya sh ke pameungpeuk cuma wkt nya bro ga ke buru sl nya perjalanan touring mash ada 5 tmpt parawisata lg bravo touring adventure cikarang utara by org dalem gayok hungkul

pameungpeuk indah sakalugus kota pantai yang aneh (ongkoh daerah pantai tapi da teu hareudang asa teu jauh beda jeung bandung). hanjakal jalanna lah repot +jauh ti bandungmah coba mun mulus jigana rada kerep pp ka sana

kalau sekarang ada HOTEL ANB yang baru hotel BINTANG denga jumlah bed 250 kamar dan banyak fasilitas di sana seperti kolam renang, spa, rumah makan, tempat futsal, tempat golef pinggir pantai,voly pantai, sewa guidens, melihat kebudayaandaerah, melihat wisata pendidikan seperti LAPAN,Kampung dukuh, pasar seni , pulau cinta, kuliner tradisional, air terjun 7 tingkat, air terjun sis basisir, mata lembu di mang muman, dll

Santolo dan Sancang begitu indah ….

Setuju… emang baguuuuzzzzz banget… sepi pengunjung jd nyaman buat main…
Ga kuat perjalanannya (aku dr bdg)… harusnya pake acara nginep jd lebih seru ga buru2…
pantai bersih pasir putih ga ada matinya deh…

pameungpeuk…hmmm
pertama kali lewat pameungpeuk waktu di tugasin k cidaun-cianjur.
rutenya di mulai dari garut kota–cikajang–pameungpeuk–cikelet–pemandangan sepanjang jalan ga akan terlupakan dan bikin ketagihan..mantap..
apalagi kalo di lanjut sampe cidaun..hhmmm
pulangnya bisa lewat naringgul,,disitu qt bisa menikmati pemandangan air terjun…banyaaaaaaaaaakkkkk bgt..udah gitu lewat leuweung tiis and than sampailah di perbatasan kab.bandung,,,welcome to ciwidey…perkebunan teh yang bisa bikin mata sejuk..

oia satu lagi…ada yang bisa menebak berapa jumlah jembatan yang menghubungkan cianjur selatan dengan garut selatan?

sayah juga asli cisangkal anu deukeut ka pameungpeuk tapi can pernah kaditu! jadi palay pisan membuktikan apa yang dikatakan sobat sobat euy komo mun jalana alus mah ! Sok atuh ka kang Aceng sareng kang D candra ! sayah teh sudah 15 taun teu ka kampung sorangan (cisangkal ) rindu pisan, da eta nu jadi kendala teh jalana mulai ti cihurip-cisangkal-nengeng-cisompet-pameungpeuk,sampai sekarang ngan kitu jeung kitu we…..! teu aya pisan rubahna!jadi curhat yeuh? keun bae ah! sugan we aya nu ngadenge! da kanggo kaperyogian sadayana,sanes kitu? hidup pameungpeuk!!! hidup Garut!!!

keren banget apalagi lewat perkebunan teh,disana lah bisa mengakui keindahan alam indonesia dan terlihat nyata betapa mengagumkan alam dan ketenangan dunia bisa dirasakan disana.
gunung gelap memang mennyimpan beribu misteri tapi begitu enak dipandang mata

wew mtrnya karismania,,

ieu pangalaman abdi nya kang,abdi kantos ka pantai pameungpeuk,emang bener endah’na menta ampun…..
trus jalana leuwi2 ti sirkuit sentul,abdi ge dugi ka g gogolleran dina aspal,pas pisan d gunung gelap….
hehehehehe………

kira2 ckup ga bwt jln mobil?

mantap.
abdi pernah pulang ti pameungpeuk mlm2 ka bdg.
gunung gelap menyeramkan…..
hiiii…………………….

asik sih asik tapi jalan mau ke sana harus lewatin ujian kabut gelap ma muntahan tetangga sebangku di bus umum…. hahah.. mana lagi muntahan banyak cabe ma dodol nya,…. jorok ah…. tapi bener… ni daerah kren…kren…… abiz…. t.o.p dah……

wah lain x mah mampir ka ci balong kang,,ti pamengpek sktr 10 mnt.di cibalong ge aya pantai karang paranye,,di jamin mantep oge lah..rumah kuring di”a,,,,

waduh… mantap nya. sepanjang hidup baru 2x abdi kaditu tos 10 tahun kalangkung. tapi emang sae pisan…
Duh pameungpeuk jadi rindu kapemeungpeuk. ayeuna abdi di sumatra tapi lebaran 2010…….. pamengpeuk I’m Coming…………..

g salah lagi saya ud dapat cewe cisompet mmm alus pisan

pmpk memang indah. namun sayang banyak pengunjung yg g sdr suka buang sampah smbrngan. janten kalotor tilas libur lbrn teh. di lembur abi aya curug balinaga nu endah. diantos

jd pgin plang .
nunggu klar project di KSA
,jd pgin ke pantai santolo
pkokokna untuk parwstawan bknjunglah ke daerah pameungpeuk,GARUT di jamin fresh

menta doana nya,bade liwat ah isukan,bade ka desa cihaurkuning,margamulya jeung desa kertamukti euy

rocket city

insya allah tauh baru 2010 agan2 dari Dharmap Polimetal Bag IT Operations Akan Berkunjung Ke Pameungpeuk…. referensi @ Tunks Rastafara @ Pak AMB…. :)

Kalo naek kendaraan umum ke pameungpek dari Cikarang apa aja ya?

eamng kereeennn banget tuh pantai walo banyak Uka2

kangen pas mudik lebaran k kmpung’a mama,,hiks

gimana see keadaan Pmngpk indaah stelah dilanda angiin kencang

byk kenangan indah di Pmgpk Loveee U pantai Pmgpk….
bentar lg mw lebaran>>>>main lg ah smbil berkunjung keswdrara

dengan ada rencana berpisahnya Garut selatan mdh2n tambah majuuu.///semangat to Garseeeeeeeeeeeeeelllll

saya orang jampang dket banget sama pantainya

saya tos 2x maen ka santolo teh,berada di santolo serasa berada di kuta masa silam,dengan pantainya yang bersih,pasirnya yang putih,pokona mh mantabhhhhhh dah.
Dan sepanjang perjalanan disuguhi dengan pemandangan yg menakjubkan,dengan bukit bukit yg hijau,dengan hutan hutan yang masih perawan dan juga dengan pemandangan air terjun yang menawan……………pokona mh endah pisan!!!.

Saya orn9 pmpk,tp skrn9 9 d brunei,,pntai sntolo n sayan9 heulan9 meman9 best,,jd pn9en pln9

mantap bangat yah bang laut nya indah sekali……

Grup touring depkak pindad sudah merasakan indahnya pantai pameungpeuk dengn keindhn alm selama diperjalanan menuju kesana. kapan lagi kita akan meneruskan perjlanan melewati jalur selatan..

ya pameungpeuk pokona itsthe bass,apalagi pantainya ,pokona asli enak pisan,we asli garut kangen pengen ngirup udara pantainya .salam slalu buat keluarga we se mua di pameungpeuk.

saya juga udah pernah ke pamengpek dengan teman teman,,, wahhhh pemandangan yang sangat indah dan mengagumkaan,,, Subhanallah
berangkat bandung-nagrek-leles-garut kota-bayongbong-cikajang-cisompet-pamengpek…. perjalanan yang melelahkan.
pulang lewat rancabuaya-cidaun-naringgul-ciwidey-soreang-kopo…
ga akah pernah terlupkan…ada penginapan penginapan murah lhooo di sana…tenang aja bisa nginep sesuka hati

penasaran ;uga euy ! pingin kesana, terutama air terjun nya. karena menyimpan mistery yg blm terungkap alias msh perawan dan bnyk uka2 nya.

punten ka sadayana ngiring cumarita,,
upami ayeuna mah aya saalitna kabar baik, ayeuna teh nuju aya perbaikan jalan,, saurna teh ti cikajang dugi ka rancabuaya kitu,,
mung duka iraha beresna eta ge,,

simkuring mung nyambung napas ka sadayana supados ulah kapok ameng ka pamengpek,, hee I love Pamengpek

hayang ceurik abi mah mun ningali kota garut ..ayena abi di papua ..
hyong uih sing sumpah ..

cisompet dimana tuh? masih jauh dr pangalengan? rencana gw mw turing ke rancabuaya..

Saya baru beres tour ciwidey rancabuaya, terus balik lewat pameungpeuk, aduh ngeri lewat gunung gelap lewat mabgrib, ternyata banyak tempat wisata yg saya lewatkan di garut selatan :(

bagus minimal 3hari buat keliling garut selatan : palawah, santolo monalusu sd ranca buaya

aduh.jadi.. Ngiler nih blm pernah saya euy maen k.sana..insa allah lebaran ini saya mu maen akh…pengen liat air tejun .a..

pantai pamengpeuk selow abis
kalian yg suka pantai harus coba ke pamengpek,
kaya pantai punya pribadi pokoknya

ha.ha.. mantap mas bro.. jalannya menguji/menantang andrenalin..
pemandangannyapun sungguh sangat indah & menakjubkan.. Subhanallah..
simkuring dri Cibatu-Pameungpeuk memakan waktu sekitar 3 jam (Cbt-Garut Kota 40menit-an, Garut Kota-Cikajang 50menit-an, Cikajang-Santolo/Pameunpeuk =1jam-an) dgn kcpatan antara 40-80 km-an (kalau di jln gunung gelap yang jlannya kurang mulus/jalanna rda awon mah antara 35 Km-an) tpi dijln nu mulusna mah seak-seak weh.. ghx.2.. dan bulak-balik Cbt-Santolo – Santolo-Cbt hanya 4 liter..

gua ga bosan ke pantai

sya bangga sebagai wrga pamengpek… bangga .
gning ka santolo seer nu resep + baretah sok ath ulh bsen2 nya!
yg ska dtng ke pantai santolo , , sarua memancing wisatawan nu lain…
sok ath irha bde ka santolo dai
di antosan nya… ki simkuring ” ” !

kang kanggo taun baru ayna penginapana masih aya nu kosong teu. tiasa sms ka no 085220162324 nuhun

Kanqen banqet sudah lama tdk main k cikajanq-pamenqpek kapan klian mue main lqie kzanah ajak” aqu

Sa te acan ka pmpk cobian hela gra istirahat di desa neglasari,,,di jamin lah bakal betah istirahatna,,suasana perkbunan teh sareng keindahan curug limbung na endah pisan,,,

GOoooo ly urang ka pameungpeuk ngineplah biar rame…
salam kenal ea ma orang cisompet… tunggu u pasti ksana.. tq

.Dhe”
.sae psan bang per cerita’na abi oge asli orng grut te acn pernah melakukan pengalaman kaya bang pRedy.
.kapan” mampir att ka gunung gelap entar d kasih nasi ketan d tambah bakar ikan +sambal kecap jahe.

hmmmmmm yg pnting kita bisa mlestarikan ok ttp berkarya

kang ari jalanan sae teu lamun dilintas ku mobil? rencanana bade ka pameungpeuk. abdi ti bandung. hoyong terang oge info2 penginapan sareng restoran. tiasa sms ka 089619537769. hatur nuhun lur

keren !
bandungna dimana kang, kadieu atuh ka cimahi.
saya asli cihurip.. kapan2 kalo ada tour and trave singkat atau lama k daerah pantai garut selatan, informasikan ya ?

ahh abi mh mineng ka cisompet da orang pameungpeuk . :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: