daripada daripada mendingan mendingan

4 Jembatan Mahakam di Kalimantan Timur

Posted on: November 26, 2011

Innalillahiwainnailairajiun atas musibah runtuhnya Jembatan Mahakam II / Kartanegara hari ini 26 November 2011 sekitar jam 16 WITA. Mudah2an korban meninggal diterima amal2 diampuni dosa2 dan bagi keluarga diberi ketabahan. Simpangsiur berita di twiter, facebook, atau bahkan berita di TV adalah alasan utama saya meluangkan waktu untuk menggambar berikut. Info, saya tinggal di Samarinda dari tahun 1990, sampai sekarang🙂

 

Gambar diatas adalah peta yang SANGAT DISEDERHANAKAN, intinya seperti itu.

 Sebenarnya, ada 3 Jembatan bernama Mahakam, dan 1 yang masih dalam pembangunan.

1. Jembatan Mahakam

Ini yang pertama. Diresmikan tahun 1987. Paling padat dibanding jembatan lain. Semua orang dari Balikpapan yang mau ke Samarinda lewat jalan darat, hampir dipastikan lewat jembatan ini. di mulut jembatan, sering macet. Alhamdulilah sampai saat ini masih kokoh berdiri

2. Jembatan Kartanegara / Mahakam II

Saya kurang tahu nama resminya yang mana, ada juga yang nyebut jembatan Tenggarong.  Yang jelas itulah sebutan2 orang Kaltim untuk jembatan tersebut. Saya ingetnya waktu SMA jembatan ini berdirinya, sekitar tahun 2000an awal. Desainnya  bisa dilihat sendiri, cantik. Jalur disini sedang2 saja, tidak terlalu ramai, tidak sepi pula. Orang Samarinda, kalo mau cepet ke Tenggarong biasa lewat sini, meskipun lebih jauh,- dibanding lewat Jembatan Mahakam, maupun Mahulu-  tapi waktu tempuhnya singkat, sekitar 30 menit saja, karena jalanan yang bagus dan bebas macet, semacam jalan tol. Dan jembatan inilah yang hari ini ambruk

 3. Jembatan Mahakam Ulu / Mahulu

Ini adalah yang terbaru, sekitar tahun 2009 kemarin diresmikannya. Menghubungkan daerah Loa Janan dengan Samarinda Ulu. Paling sepi diantara jembatan Mahakam yang lain. Saya pun baru sekali lewat sana. Beberapa waktu lalu, tiang jembatan ini ditabrak kapal ponton. Yang saya denger, sekarang lagi dituntut ganti ruginya.

4. Jembatan Mahkota II / Mahakam Kota II

Jembatan ini belum jadi2 aja, masih dalam pembangunan.  Menghubungkan samarinda ilir dan Palaran.

Itulah jembatan2 di sungai Mahakam.  :)

3 Tanggapan to "4 Jembatan Mahakam di Kalimantan Timur"

Masih kurang 1 jembatan mahakam yg tdk di tampilkan yakni jembatan kota bangun.yg terletak di desa liang.Tipe jembatan seperti jembatan Mahulu.

Aduhhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: